- Mari Terus Belajar, Berinovasi, Berkreasi dan Berkarya -

Video Profile Kang Widi

Home » » Berfikir Visual

Berfikir Visual


Apa itu berpikir visual dan belajar visual?
Pemikiran visual adalah gaya belajar di mana pelajar yang lebih baik memahami dan mempertahankan informasi ketika ide-ide, kata-kata dan konsep-konsep yang terkait dengan gambar. Penelitian memberitahu kita bahwa mayoritas siswa di kelas biasa perlu untuk melihat informasi dalam rangka untuk mempelajarinya. Beberapa strategi pembelajaran yang umum visual meliputi menciptakan penyelenggara grafis, diagram, pemetaan pikiran, menguraikan dan banyak lagi.

Bagaimana belajar siswa visual yang membantu?



Visual belajar membantu siswa memperjelas pikiran mereka
Siswa melihat bagaimana ide-ide yang terhubung dan menyadari bagaimana informasi dapat dikelompokkan dan terorganisir. Dengan belajar visual, konsep-konsep baru yang lebih menyeluruh dan mudah dipahami ketika mereka terkait dengan pengetahuan sebelumnya.

Visual membantu siswa belajar mengatur dan menganalisa informasi
Siswa dapat menggunakan diagram dan plot untuk menampilkan sejumlah besar informasi dalam cara yang mudah untuk memahami dan membantu mengungkapkan hubungan dan pola.

Visual belajar membantu siswa mengintegrasikan pengetahuan baru
Menurut penelitian, siswa lebih mengingat informasi saat itu diwakili dan belajar baik secara visual dan verbal.

Visual membantu siswa belajar berpikir secara kritis
Informasi verbal dan visual terkait membantu siswa membuat hubungan, memahami hubungan dan mengingat detail terkait.
Pemikiran visual dan belajar cara-cara memanfaatkan grafis bekerja dengan ide dan menyajikan informasi. Penelitian di kedua teori pendidikan dan psikologi kognitif memberitahu kita bahwa belajar visual adalah salah satu metode yang sangat terbaik untuk mengajar siswa dari segala usia cara berpikir dan cara belajar.

Visual berpikir dan belajar dalam pendidikan
Strategi pembelajaran visual seperti grafik organizer, diagram, garis besar dan lebih banyak digunakan di ruang kelas di seluruh negeri. Strategi ini membantu siswa atau semua usia lebih baik mengelola tujuan belajar dan mencapai keberhasilan akademik. Sebagai mahasiswa diwajibkan untuk mengevaluasi dan menginterpretasikan informasi dari berbagai sumber, menggabungkan pengetahuan baru dengan apa yang sudah mereka pelajari, dan meningkatkan keterampilan menulis dan berpikir secara kritis, alat belajar visual yang membantu siswa memenuhi permintaan tersebut. Dipasangkan dengan kapasitas otak untuk gambar, strategi pembelajaran visual yang membantu siswa lebih memahami dan menyimpan informasi.

Dalam bagian ini website kami, kami menawarkan berbagai sumber daya untuk lebih memahami penggunaan metodologi pembelajaran visual dan alat untuk memasukkan ke dalam kelas Anda.

Lihat:
Pelajaran rencana yang menggabungkan visual yang berpikir dan menguraikan dan disesuaikan dengan Standar Negara Inti Umum.
Memenangkan penghargaan perangkat lunak kami, ® Inspirasi, ® Kidspiration, Webspiration ™ Kelas, dan InspireData ® didasarkan pada terbukti metodologi pembelajaran visual yang membantu siswa berpikir, belajar dan mencapai. Dengan kombinasi yang kuat pembelajaran visual dan teknologi, siswa di tingkat K-12 belajar untuk menjernihkan pikiran, mengatur dan menganalisa informasi, mengintegrasikan pengetahuan baru, dan berpikir kritis.

Kecerdasan visual-spasial merupakan salah satu aspek dari kognisi. Kecerdasan visual-spasial merupakan konsep abstrak yang meliputi persepsi spasial yang melibatkan hubungan spasial termasuk orientasi sampai pada kemampuan yang rumit yang melibatkan manipulasi serta rotasi mental. Dalam kecerdasan visual-spasial diperlukan adanya pemahaman kiri-kanan, pemahaman perspektif, bentuk-bentuk geometris, menghubungkan konsep spasial dengan angka dan kemampuan dalam transformasi mental dari bayangan visual. Pemahaman tersebut juga diperlukan dalam belajar matematika. Pada anak usia sekolah kecerdasan visual-spasial ini sangat penting karena kecerdasan visual-spasial erat hubungannya dengan aspek kognitif secara umum.

Kecerdasan visual-spasial adalah kemampuan memahami, memproses, dan berpikir dalam bentuk visual. Seseorang dengan kecakapan ini mampu menerjemahkan bentuk gambaran dalam pikirannya ke dalam bentuk dua atau tiga dimensi. Seorang anak dengan kemampuan ini juga mampu dengan mudah dan cepat memahami konsep spasial serta terlihat antusias ketika melakukan aktivitas yang berkaitan dengan kemampuan ini.

Kecerdasan visual-spasial bisa mempengaruhi proses belajar anak di sekolah. Salah satunya, membantu anak memahami soal cerita matematika. Kemampuan ini bukan hanya anugerah semata dari Tuhan Yang Maha Esa tapi juga bisa ditumbuhkan. Umumnya anak cerdas spasial memiliki metode belajar visualisasi berdasarkan penglihatannya. Latihan bisa diterapkan saat anak di usia balita awal lewat kegiatan sehari-harinya.

25 Hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan Visual ini adalah:
  1. Mainkan Pictionary, tic-tac-toe tiga dimensi, atau permainan berfikir visual lainnya.
  2. Mainkan puzzle, kubus Rubik, rumah sesat, atau teka-teki visual lainnya.
  3. Belilah program peranti lunak untuk desain grafis dan ciptakan rancangan lukisan dan gambar dengan komputer.
  4. Pelajari fotografi dan gunakan kamera untuk merekam kesan visual Anda.
  5. Belilah camcorder dan ciptakan prestasi video.
  6. Tontonlah film dan tayangan televisi dan perhatikan penggunaan, cahaya, gerakan kamera, warna dan unsur sinematik lainya.
  7. Dekorasi ulanglah interior atau taman rumah Anda.
  8. Susunlah perpustakaan gambar dengan mengumpulkan gambar kegemaran Anda dari majalah atau surat kabar.
  9. Pelajari ketrampilan menentukan arah sebagai pedoman melakukan olahraga hiking di alam terbuka.
  10. Pelajari ilmu ukur.
  11. Ikutilah pelajaran melukis, mematung, menggambar, forografi, video, desain grafis, atau seni visual lainnya.
  12. Pelajarinlah bahasa yang berbasis ideografi seperti bahasa Mandarin.
  13. Gunakan model tiga dimensi dari ide yang Anda miliki untuk penemuan atau proyek lain.
  14. Pelajari cara menggunakan dan menginterprestasikan bagan aliran, bagan keputusan, diagram, dan bentuk respresentasi visual lainnya.
  15. Belilah kamus visual dan pelajari cara kerja mesin sederhana dan banda-banda lain.
  16. Jelajahi ruang sekitar dengan menutup kedua mata Anda dan membiarkan seorang teman menuntun Anda melalui rumah atau halaman.
  17. Berlatihlah mencari bentuk gambar dan lukisan pada awan, retakan dinding, atau gejala alami lain maupun gejala buatan manusia.
  18. Kembangkan simbol visual Anda untuk mencatat (gunakan anak panah, lingkaran, binatang, sporal, kode warna, gambar, atau bentuk visual lainnya).
  19. Kunjungi seseorang insinyur mesin, arsitek, seniman, atau desainer untuk melihat bagaimana ia menggunakan kemampuan spasialnya dalam bekerja.
  20. Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan kesenian bersama keluarga atau teman-teman.
  21. Pelajarinlah peta Negara dan kota Anda, denah rumah, dan system perlambangan visual lainnya.
  22. Buatlah stuktur benda Lego, D-stix, heksafleksagon, balok mainan, atau bahan mainan tiga dimensi untuk membentuk bagunan.
  23. Pelajari ilusi optimis (misalnya dalam buku teka-teki, di museum ilmu pengetahuan, melalui permainan ilusi optic, dan sebagainya).
  24. Sewa, pinjam, atau belilah videotape ‘how to’ dalam bidang khusus yang Anda minati.
  25. Gunakan lukisan, foto, dan diagram dalam surat, proyek, dan presentasi.

0 komentar:

Post a Comment

Workshop/Seminar Bersertifikat Resmi

Workshop/Seminar Bersertifikat Resmi
Yang membutuhkan ilmu dan bersertifikat, bisa borkolaborasi dengan Kang Widi, Agen Penguatan Karakter PUSPEKA Kemdikbudristek RI. Klik pada gambar untuk isi form usulan kegiatan. Kegiatan bisa daring maupun luring

Subscribe Media Belajar Temanggung

Subscribe Channel SBC Kendal


Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter Tahun 2022

Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter Tahun 2022

Bersama Bupati Kendal dan Kepala Disdik Kab. Kendal

Bersama Bupati Kendal dan Kepala Disdik Kab. Kendal
Menerima Apresiasi atas Prestasi sebagai TOP 6 ASN Inspiratif tahun 2021

52 Terbaik PNS Inspiratif 2018

Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018

Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018
Bersama Bupati Kendal Ibu dr. Mirna Annisa, M.Si. Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018 Kategori Pegiat Pendidikan
Instagram

Translate

Popular Post

Cara merekam dan mengedit vocal pada Adobe Audition CS-6 Bagian 1

Gambar 1: Halaman Awal Aplikasi Adobe Audition CS-6 S alam Kreatif dan Inovatif, Para pembaca sekalian yang berbahagia, pada k...

Popular Posts