- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , , » Cara Membuat Animasi Mobil Berjalan Dengan Office PowerPoint - Bagian 3 (Selesai)

Cara Membuat Animasi Mobil Berjalan Dengan Office PowerPoint - Bagian 3 (Selesai)

Salam Kreatif dan Inovatif,,,
Apa kabar kawan-kawan? Kali ini kita akan menyelesaikan proses membuat animasi Mobil berjalan dengan PowerPoint, dan untuk mengingat kembali bagaimana animasi mobil berjalan tersebut, kita simak dulu tayangan video dibawah ini:

Video Animasi Mobil Berjalan dengan PowerPoint

Kawan-kawan sekalian, kita melakukan tahapan Cara membuat Animasi Mobil Berjalan dengan PowerPoint ini di bagian 1 dan bagian 2, sekarang kita di tahap terkhir, yaitu Cara membuat jalan dan gerakan pada gambar yang telah kita buat.
Perhatikan gambar 1 dan gambar 2 dibawah ini, merupakan gambar pohon, batang, rumput, tanah dan jalan. Gambar 1, sebelum di rangkai dan gambar 2 setelah dirangkai menjadi bentuk pohon. Selanjutnya perhatikan gambar 3;


Gambar 1


Untuk menggambar tanah dan jalan, pada prinsipnya sama dengan menggambar daun, yaitu dengan insert shapes, pilih yang rectangle, atau disesuaikan kebutuhan, kemudian diberi warna yang sesuai.
Gambar 2


Gambar 3
Pada gambar 4, selanjutnya rangkaian gambar pohon dan jalan (lihat gambar 3) di copy menjadi 2 dengan cara seperti pada gambar 4 dibawah ini;
Gambar 4
Setelah gambar di copy (group 1), kemudian masing masing di beri animasi dengan langkah langkah seperti berikut ini : Perhatikan gambar 5;
1. Klik Animation, 2. Klik Costum Animation;
Gambar 5
Selanjutnya, perhatikan gambar 6; klik pada objek, kemudian 1.Add Effect, 2.Pilih Entrance dan 3. Klik Fly In. 
Kemudian klik pengaturan; lihat gambar 7.
Gambar 6
Gambar yang telah diberi Effect, diatur melalui Effect Option; perhatikan gambar 7, gambar 8 dan gambar 9 di bawah ini;
Gambar 7


Gambar 8


Gambar 9
Effect atau Animasi Fly In adalah animasi gambar masuk, diatur masuk dari sebelah kanan atau from right secara berulang-ulang (until end of slide)

Untuk gambar kedua (group 2) diberi animasi Fly Out; dengan prinsip yang sama, lakukan langkah-langkahnya seperti pada gambar 10, gambar 11, gambar 12, dan gambar 13.
Gambar 10


Gambar 11


gambar 12


Gambar 13
Effect atau Animasi Fly Out adalah memberi animasi keluar pada gambar secara terus menerus ke arah kiri (to left), sehingga gambar pohon akan terlihat terus bergerak ke arah kiri.
Sedangkan pada bagian mobil, yang diberi effect/animasi hanya pada bagian roda, perhatikan gambar 14 dan gambar 15 dibawah ini;
Gambar 14
Effect Empasis-Teater, adalah animasi gerak berputar dan diatur secara terus menerus, dengan kecepatan desesuaikan juga dengan kecepatan gerak pada gambar pohon dan jalan.
gambar 15
Setelah gambar pohon dan jalan di beri effect/animasi, gambar di satukan kembali, maksudnya di letakkan sejajar sehingga nampak hanya satu gambar, seperti pada gambar 16.
Gambar 16
Nah, kawan-kawan, demikianlah cara membuat animasi gambar gerak atau mobil berjalan dengan PowerPoint. Selamat mencoba semoga berhasil. Semoga bermanfaat.

Tunggu tips-tips selanjutnya...
Tetap Semangat!


1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Agenda Tahun 2018

1. Tanggal 5 - 6 Januari Temu Pelatih Nasional dan Pengukuhan Pelatih Nasional IGI 2018. 2. Tanggal 22 April; Video Converenc Maluku Belajar 3. Tanggal 28 April; Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK - Tana Toraja Sulsel. 4. Tanggal 29 - 30 Juni 2018; Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Dhammasekha Berbasis IT - Selat Panjang Kep. Mranti Kep. Riau. 5. Tanggal 25 - 27 Juli; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi RIau
Instagram

Translate

Featured Post

Cara Sederhana Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Office PowerPoint - Bagian 1

Pengembangan Media Presentasi Untuk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Oleh : Widi Astiyono, S. Ag (Merupakan makalah yang ...

Popular Posts