- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , , » Cara Membuat Animasi Mobil Berjalan Dengan Office PowerPoint - Bagian 1

Cara Membuat Animasi Mobil Berjalan Dengan Office PowerPoint - Bagian 1

Seperti yang sudah saya sampaikan, kali ini kita akan belajar membuat animasi mobil berjalan dengan office PowerPoint, sebelum kita mulai, perhatikan sejenak video di bawah ini :

Contoh Animasi Mobil Berjalan dengan PowerPoint

Untuk membuat animasi mobil berjalan, ada beberapa tahap yang harus kita lakukan. Tahap pertama, kita membuat gambar dengan memanfaatkan insert shape yang sudah tersedia dalam menu bar Office PowerPoint. Perlu di ketahui bahwa fasilitas dalam Office PowerPoint, mulai dari PowerPoint 2007 dapat dimaksimalkan untuk membuat gambar dengan baik. Tahap kedua adalah memberi animasi, agar seolah-oleh mobil bisa berjalan.
Baiklah, kita akan segera mulai dengan langkah-langkah membuat animasi mobil berjalan dengan PowerPoint.
Tahap 1; Cara membuat gambar mobil.
Perhatikan gambar 1 dibawah ini; sesuai urutan, silahkan klik isert, dan selanjutnya klik shapes.


•Gambar fasilitas yang ada di dalam MS PowerPoint 2007Langkah 1,bar dapat dibuat dengan memaksimalkan buka halaman PowerPoint 2007, kemudian  -1. Klik Insert-Shapes (Gambar 1); pilih shapes yang di inginkan (Gambar 2):
Gambar 1
1. Klik Shape, 2 & 3 Pilih Shape sesuai yang di inginkan
Gambar 2
Kemudian klik di slide yang sudah di siapkan, klik kiri, di tahan dan ditarik sesuai bentuk yang di inginkan.
Seperti bentuk-bentuk  gambar  yang ada di bawah ini (Gambar 3):

Gambar 3
Langkah 2 : Cara mewarnai shapes
Shapes yang sudah di buat, akan otomatis berwarna seperti pada gambar 1, kemudian dapat dirubah warnanya seperti pada gambar 2 di bawah ini dan perhatikan gambar 4 1. Klik Format, 2. Klik Shape fill, dan 3. Klik warna yang di inginkan..

Gambar 4
Cara membentuk Shape sesuai keinginan :
Obyek di klik, kemudian tanda berwarna kuning (panah warna merah) di klik dan di tarik sesuai arah yang di tunjukkan taanda panah warna hitam (gambar 5).
Gambar 5
Obyek di klik, kemudian 1. Klik format, 2. Klik Shape Effects, 3. Klik Bevel dan 4. Klik obyek yang dimaksud (Bevel, lihat gambar 6).


Gambar 6
Maka akan terbentuk seperti pada gambar dibawah ini:
Gambar 7
Cara merangkai shapes :
Shape yang sudah terbentuk seperti dibawah ini, kemudian dapat dirangkai sesuai keinginan. Misal menjadi bentuk mobil seperti pada gambar di bawah ini (Gambar 8) :
Gambar 8

Setelah dirangkai menjadi bentuk sebuah mobil seperti berikut ,
Shapes yang sudah dirangkai, agar tidak mudah berubah, di satukan dengan cara di Blog, seperti langkah berikut ini :  
Gambar 9
Langkah 3 :
Setelah di blog, kemudian klik kanan. 1. Pilih Group, dan 2. klik kiri pada group. Maka  semua shape akan menyatu dan tidak bergeser/menjadi satu seperti pada gambar di bawah ini
Gambar 10

Langkah 4 :
Cara menggambar pohon dan jalan ;
Bentuk-bentuk yang lain, ada seperti dibawah ini, jika dirangkai bisa menjadi bentuk pohon dan sebuah jalan.
Gmabar 11

Inilah bentuk setelah dirangkai.
Gambar 12


Gambar 13




Materi ini disampaikan pada Bintek Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dan Animasi, di Jakarta tanggal 30 Juli s.d. 1 Agustus 2015

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete

Agenda Terbaru Bulan April-Mei 2017

1.Tanggal 17 - 18 April 2017; Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum Keagamaan Buddha di Jakarta 2. Tanggal 19 April 2017 Presentasi Pemilihan Guru Berprestasi Kabupaten Kendal Tahun 2017 3. Tanggal 24 April 2017; Orientasi Pengurus SMB Provinsi Bangka Belitung di Pangkal Pinang. 4. Tanggal 27 April 2017; Bimtek Penyusunan Media Pembelajaran SMB Provinsi Bangka Belitung di Pangkal Pinang. 5. Tangga 22 Mei 2017; Bimtek Multimedia Pembelajaran PAB Provinsi Jawa Timur tahun 2017. 6. Tanggal 29 - 31 Mei 2017 Narasumber/Instruktur Kurikulum SMP Provinsi Jawa Tengah di LPMP Jawa Tengah - Semarang
Instagram

Translate

Top Entri

Popular Posts