- Mari Terus Belajar, Berinovasi, Berkreasi dan Berkarya -

Video Profile Kang Widi

Home » , , » Workshop Multimedia Pembelajaran bagi KKG-MGMP PAB Kota Batam Kepulauan Riau

Workshop Multimedia Pembelajaran bagi KKG-MGMP PAB Kota Batam Kepulauan Riau

Foto bersama para peserta workshop - KKG/MGMP PAB Kota Batam
Salam Kreatif dan inovatif,
Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 22 dan 23 Agustus 2015, saya diundang untuk sharing tentang multimedia pembelajaran bagi kawan kawan guru Pendidikan Agama Buddha yang tergabung dalam KKG dan MGMP PAB se-Kota Batam.
Suatu hal yang tak terduga, bisa kembali mengunjungi Kota Batam setelah enam tahun lalu, yaitu tepatnya bulan Oktober 2009, saat mengikuti kegiatan sebagai peserta Workshop Manajemen MGMP PAB tingkat nasional. Berangkat dari rumah di Bejen Temanggung, sekitar pukul 09.00 wib, dengan kendaraan buntut saya, menuju Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Perjalanan saya tempuh -+1.5 jam. Pesawat tak off pukul 12.20 wib. Sampai di Bandara Internasional Hang Nadim sekitar pukul 14.20, iya, penernbangan kali ini sesuai jadwal. Dan saat itu saya sudah di jemput oleh Bapak Ngateman selaku Ketua KKG/MGMP PAB Kota Batam.
Dengan kendaraan warna putih yang nyaman, saya langsung diajak meluncur untuk mengunjungi icon Kota Batam, yaitu Jembatan Barelang. Dan ini adalah kunjungn kedua bagi saya. Namun kali ini saya tidak sia siakan. memang sudah saya persiapkan peralatan untuk shooting di tempat itu, selain sebagai salah satu perangkat untuk kegiatan workshop.

Shooting di Jembatan Barelang 2
Saya tak melewatkan momen ini begitu saja, dan tentu karena tak ada orang lain selain pak ketua KKG/MGMP Kota Batam, maka saya meminta beliau untuk menjadi kameramen. Ya, itung itung sebagai pemanasan workshop, karena saat workshop juga ada praktek shooting, begitu alasan saya... :D

Narsis di Jembatan Barelang 1
Dengan penuh semangat pak Ngateman pun memenuhi semua arahan saya sebagai talent sekaligus sutradara.. hehehe.. Shooting di sana, adalah untuk melengkapi video clip yang sudah saya buat sebelumnya dan  Jembatan Barelang merupakan tempat shooting yang ke-3. Dan inilah hasil shooting di tempat tersebut :
Video Clip Lagu "Bintang dan Purnama"

Sehabis shooting saya pun langsung di ajak ke tempat transit, yaitu di Hotel Penuin, sampai disana saya langsung istirahat, mandi dan pada malamnya, pukul 20.00 wib, kembali di ajak keluar untuk menikmati malam di kota Batam sekaligus makan malam.
Penyampaian Materi Pentingnya Multimedia Pembelajaran
Pagi harinya, pukul 07.20 wib, saya sudah di jemput lagi untuk siap-siap menuju ke tempat kegiatan yang akan di buka secara resmi oleh Bapak Penyelenggara Bimas Buddha Kota Batam, Bapak Kodo Eko Prayogo, S.Ag.

Sungguh, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya karena mendapat kesempatan untuk sharing tentang multimedia bagi kawan kawan gura PAB di Kota Batam ini, yang notabene banyak juga adik-adaik tingkat saya sewaktu kuliah dulu, juga ada teman saat kuliah yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu, akhirnya bisa bertemu dalam kegiatan tersebut.

Praktek membuat Multimedia Pembelajaran
Kebahagiaan lain, adalah mereka semua sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop tersebut. Beberapa tema tentang multimedia pembelajaran yang saya sharingkan dengan tema utama "Pentingnya Multimedia Pembelajaran" adalah :
  1. Cara Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis PowerPoint;
  2. Cara membuat video clip sebagai media pembelajaran;
  3. Cara membuat multimedia evaluasi pembelajaran berbasis PowerPoint dan;
  4. Cara membuat film pendek sebagai media pembelajaran.
Empat tema tersebut saya sampaikan secara garis besar dan tentu dengan melakukan praktek secara singkat.
Praktek membuat Multimedia Pembelajaran

Menjelaskan tentang multimedia pembelajaran

Praktek membuat video clip dan film pendek

Disela sela waktu worshop, saat sore hari saya tak melewatkan ajakan teman pengurus KKG untuk jalan-jalan keliling kota Batam. Ya, waktu itu benar benar saya nikmati sekaligus untuk mencari inspirasi, siapa tahu ada kesempatan lagi untuk kembali ke Kota Batam. hehehe...

Diajak jalan jalan di pantai Coastarina
Tak terasa waktu pun terus berlalu, worshop hari ke-2 di akhiri pukul 11.00 wib, karena saya harus kembali ke pulau Jawa dengan penerbangan pukul 13.20 wib. Selama tiga hari di Batam, banyak hal yang saya dapatkan tentunya, dan juga meninggalkan kenangan yang tak terlupakan (cieeee... ). Ya, sungguh merupakan kebahagiaan tersendiri dfan merasa tersanjung, karena tak menyangka kawan kawan guru Pendidikan Agama Buddha sangat antusias dan terkesan dengan apa yang sudah saya sharingkan, shingga berharap ada kesempatan selanjutnya untuk bisa mewujudkan sebuah karya. Semoga semua harapan itu terkabul, dan ada kegiatan lanjutan.
Forto bareng pak Ketua KG/MGMP di gerbang Bandara Hang Nadim Batam
Saat penerbangan pun tiba, saya segera beranjak menuju pintu keluar dan menuju pesawat. Penerbagnan pulang, kali ini saya tempuh tidak secara langsung, namun harus transit di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang. Dengan sabar pun saya harus menunggu waktu penerbangan selanjutnya yang dijadwalkan pada pukul 16.55 wib. Namun ternyata, kesabaran saya harus kembali di latih karena penerbangan ditunda 1 jam lagi. Wow, mantab brooo... Ya, namun tentu semua ada hikmahnya, pikir saya dalam hati. Dan setelah pukul 17.45 wib, akhirnya penerbangan siap untuk dilanjutkan. Dari dalam pesawat, sempat melihat sunset dan tidak saya lewatkan untuk mengabadikannya dengan kamera poket yang saya bawa.

Sesaat sebelum lepas landas, ketika transit di Soekarno Hatta Airport Tangerang
Tepat pukul 18.00 wib, pesawat menuju Semarang pun melesat, terbang menembus remang-remang menuju malam itu, dan tepat pukul 19.00 wib akhirnya mendarat dengan mulus di bandara Iternasional Ahmad Yani. Perjalanan saya pun belum berhenti sampai disini, karena masih ada wktu 1.5 jam lagi yang harus saya tempuh menuju kampung tercinta, Lembah Lengkungsari.

Sampai jumpa lagi batam, semoga ada kesempatan selanjutnya.