- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , » Di Duga Merupakan Peninggalan Era Megalitikum di Temanggung

Di Duga Merupakan Peninggalan Era Megalitikum di Temanggung

Banyaknya situs-situs sejarah yang mulai ditemukan di daerah Temanggung Jawa Tengah, merupakan bukti bahwa peradapan sudah sangat berkembang sejak jaman dulu yang perlu dikaji secara lebih mendalam dan teliti. Situs-situs kuno yang tersebar hampir di seluruh nusantara, khususnya pulau Jawa, bisa menjadi bukti sejarah yang tentu menarik untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata sejarah peradaban masa lampau.

Di wilayah Temanggungm ditemukan satu lokasi yang diduga merupakan situs kuno era megalitikum. Memang perlu penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam terkait adanya indikasi Megalitikum di sebuah bukit di wilayah Kabupaten Temanggung Jawa Tengah tersebut. Adalah sebuah bukit di sebelah selatan Desa Lowungu Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, di temukan banyaknya bebatuan yang di prediksi merupakan peninggalan era megalitikum. Dan tentunya harus dari para ahli di bidangnya yang bisa melakukan penelitian lebih lanjut dan secara detail, bukan hanya oleh warga biasa untk menguak kebenaran dari dugaan ini. Beberapa waktu lalu tempat tersebut telah di kunjungi untuk di teliti oleh kelompok peduli sejarah Temanggung da para pecinta alam. 

Untuk mengetahui secara pasti dan lebih detail, memang diperlukan waktu yang panjang. Kepedulian pemerintah setempat atau pun balai konservasi purbakala sangat di harapkan untuk menindaklanjuti penemuan ini, jelas, jika memang benar di bukit tersebut adalah peninggalan era megalitikum merupakan satu potensi wisata yang tak ternilai, peninggalan sejarah yang perlu di lestarikan.

Berikut beberapa foto yang di ambil dari lokasi di atas bukit sebelah selatan Desa Lowungu tersebut yang di duga merupakan bebatuan era megalitikum:

Gambar 1 - Bebatuan diduga peninggalan era megalitikum di Temanggung
Jika kita perhatikan, rasanya hal yang tak mungkin jika bebatuan itu di buat dan di letakkan begitu saja oleh masyarakat sekitar di era modern sekarang ini.
Dari hasil penelitian sementara, banyak di temukan bukti sejarah dan bukan tidak mungkin situs ini pun bisa bersaing dengan situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat.

Gambar 2 - Bebatuan diduga peninggalan era megalitikum di Temanggung
Perlu adanya koordinasi anatara pemerintah daerah, dari tingkat desa sampai kbupaten dengan pihak -pihak terkait, misalnya Dinas Pariwisata maupun Dinas Purbakala untuk meneliti keberadaan dan kebearan situs ini yang tentu saja akan sangat bermanfaat.

Gambar 3 - Bebatuan diduga peninggalan era megalitikum di Temanggung
Gambar 4 - Bebatuan diduga peninggalan era megalitikum di Temanggung
Memang, suatau hal yang menjadi ironis. Adanya dugaan situs megalitikum tersebut, justru masyarakat sekitar jarang yang tahu atau bahkan belum tahu adanya tempat tersebut yang diduga sebagai peninggalan masa Megalitikum. Bagi anda yang penasaran dan tertarik untuk melakukan penelitian, silahkan datang di loksai secara langsung ; http://goo.gl/maps/g0X0p

Jarak dari kota Temanggung -+ 30 km ke arah Sukorejo Kab. Kendal, sekitar 45 menit perjalanan dengan kendaraan. Sedangkan dari arah Kota Kendal -+ 55 km.

Semoga adanya tulisan ini ada pihak yang peduli untuk melakukan penelitian lebih lanjut di tempat tersebut, khususnya pihak terkait.  Semoga Bermanfaat.

2 komentar:

Agenda Tahun 2018

1. Tanggal 5 - 6 Januari Temu Pelatih Nasional dan Pengukuhan Pelatih Nasional IGI 2018. 2. Tanggal 22 April; Video Converenc Maluku Belajar 3. Tanggal 28 April; Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK - Tana Toraja Sulsel. 4. Tanggal 29 - 30 Juni 2018; Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Dhammasekha Berbasis IT - Selat Panjang Kep. Mranti Kep. Riau. 5. Tanggal 25 - 27 Juli; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi RIau
Instagram

Translate

Featured Post

Cara Sederhana Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Office PowerPoint - Bagian 1

Pengembangan Media Presentasi Untuk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Oleh : Widi Astiyono, S. Ag (Merupakan makalah yang ...

Popular Posts