- Mari Terus Belajar, Berinovasi, Berkreasi dan Berkarya -

Video Profile Kang Widi

Home » , , , » Cara membuat Video Klip Sendiri - Editing Video dengan Vegas Movie 10

Cara membuat Video Klip Sendiri - Editing Video dengan Vegas Movie 10

Gambar 1
Gambar 1: Tampilan File Video hasil Shotting dalam Video Editor Vegas Movie 10; Sesajarkan semua file video dalam track, sesuaikan audionya agar menjadi bersamaan (lihat gambar 2).

Gambar 2
Gambar 2: 1)Track Audio dari file video hasil shooting (perhatikan gambar 1); 2) File MP3 master (Lagu asli atau hasil rekaman vocal yang sudah dijadikan MP3)

Gambar 3
Gambar 3: 1) Lakukan pemotongan gambar sesudi dengan kebutuhan pada video 1; 2) Lakukan pemotongan gambar sesudi dengan kebutuhan pada video 2; 3) File video 3 tidak perlu di lakukan pemotongan, karena merupakan master video hasil shooting.
Fungsi dari pemotongan video (1 dan 2) adalah untuk memberikan efeck kombinasi pada hasil video setelah dirender (finishing). Seperti pada modul 1, bahwa pengambilan gambar atau shooting sebaiknya dilakukan beberapa kali dengan angel yang berbeda. Hal ini agar video bervariasi. Klik untuk lihat Lihat Contoh.

Gambar 4
Gambar 4: 1) Setelah menyesuaikan audio hasil shooting dengan audio master MP3 selesai, audio video hasil shooting kemudian di "mute" (Gambar 4:2), hal ini agar menghasilkan kualitas audio yang jernih sesuai pada file MP3 master.

Gambar 5
Kemudian setelah semua tahapan penyesuaian audio dan video selesai, jangan lupa di kasih title pada video anda; 
Gambar 5: 1) klik insert kemudian 2) Klik text media. Selanjutnya ketik nama atau judul video dll-nya. Lihat gambar 6.

Gambar 6
Gambar 6: 1) Pilih jenis Font; 2) Pilih unkuran/size Font; 30 Ketik judul video; 4) Atur aligmennya/rata kanan, kiri atau tengah; 50 atur durasi kemunculan text; dan 6) close jika sudah selesai

Gambar 7
Gambar 7: Untuk melihat hasil penulisan judul pada text media: 1) Klik crusor ada posisi tersebut; 2) Posisi Text Media; dan 3) Hasil penulisan pada Text Media.

Gambar 8
Diakhir video jangan lupa berikan credit title. Yaitu tulisan berjalan keatas berisikan crew atau pemain yang terlibat dalam pembuatan video. Gambar 8: 1) Penempatan credit title di akhir video. 

Gambar 9
Cara membuat "credit title". Gambar 9: 1) Klik icon panah lecil ke kanan atau kekiri, cari menu "media generator"; 2) Klik "media generator; 3) Klik Credit Rol.

Gambar 10
Setelah Klik Credit Rol, Gambar 10: 1. Selanjutnya 2) klik "Plain Scrolling on Black" dan 3) drak/klik ditahan dan tarik ke text track.

Gambar 11
Gambar 11: 1) Klik icon edit; 2) Text scrolling editor; dan 3) Edit text.

Gambar 12
Gambar 12: 1) Setelah edit text selesai, kemudian 2) klik tanda silang. Maka Credit title sudah jadi.

Cara me-render (rendering)

Gambar 13
Gambar 13: 1) doble klik dilokasi tersebut, atau blok semua file video audia dari awal hingga akhir.

Gambar 14
Gambar 14: 1) klik projek, kemudian; 2) klik render as...

Gambar 15
Gambar 15: 1) pilih folder penyimpanan; 2) Beri nama file video yang akan di render; 3) Klik save.

Gambar 16
Gambar 16: 1) Proses render yang sedang berlangsung. 2) klik open setelah render selesai untuk play video hasil render. 3) klik open folder, untuk melihat video hasil render di folder penyimpanan.
Yang pasti, selama proses rendering, agar ditunggu sampai selesai dan jangan tutup video editornya. Nah, itulah cara membuat video klip sendiri. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

2 komentar:

Agenda Tahun 2019

1. Perpusnas Expo IGI 2019, Jakarta 19-20 Septermber 2019; 2. Workshop Nasional II Sagusavi Tahun 2019, Tangerang Banten, 21 September 2019.

52 Terbaik PNS Inspiratif 2018

Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018

Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018
Bersama Bupati Kendal Ibu dr. Mirna Annisa, M.Si. Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018 Kategori Pegiat Pendidikan

Buku Karya Kang Widi

Buku Karya Kang Widi
Pesan Buku: Klik Gambar
Instagram

Translate

Popular Post

Cara merekam dan mengedit vocal pada Adobe Audition CS-6 Bagian 1

Gambar 1: Halaman Awal Aplikasi Adobe Audition CS-6 S alam Kreatif dan Inovatif, Para pembaca sekalian yang berbahagia, pada k...

Popular Posts