- Mari Terus Belajar, Berinovasi, Berkreasi dan Berkarya -

Video Profile Kang Widi

Home » , , , » Video Pembelajaran Kelas V SD (Film Pendek) Tentang "Dana Materi" dan Cara Membuatnya

Video Pembelajaran Kelas V SD (Film Pendek) Tentang "Dana Materi" dan Cara Membuatnya

 

Salam Kreatif dan Inovatif,
Setelah beberapa waktu tidak sempat posting untuk blog ini, perkenankan aku kembali berbagi pengalaman tentang membuat video pembelajaran. Kali ini masih seputar video pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Sekolah Dasar Kelas V dengan Tema "Dana Materi" yang simainkan oleh siswa siswi SDku di bantu dua siswi SMA-ku.

Nah, dalm proses pembuatan video ini awalnya di buat sinopsis dengan tema sesuai dalam pelajaran kelas V SD, yaitu tentang Dana Materi.  Sinopsis yang kemudian dikembangkan menjadi skenario aku buat bersama sama dengan siswa siswi SD-ku. 

Setelah proses penulisan skenario selesai, kemudian anak-anak latihan dialog, dan setelah memahami skenario baru selanjutnya diadakan pengambilan gambar atau shooting.  Dalam pengambilan gambar ini aku memanfaatkan peralatan yang sederhana, tidak menggunakan kamera atau handycam yang besar, namun cukup menggunakan Camera Digital (Camera Poket) dan Handphone Android. Memang hasil kurang maksimal karena adanya perbedaan kualitas gambar video. namun yang terpenting disini adalah esensi dari pembelajaran terkait materi pelajaran yang anak-anak pahami. Orientasinya bukan pada hasil film jadi, namun pada proses pembuatan film/video pembelaran yang langsung melibatkan siswa sebagai pemeran maupun kameramen. Yang tentu memberikan pengalaman tersendiri bagi anak-anak untuk belajar menjadi lebih percaya diri dan menambah wawasan dalam bidang broadcasting ataupun film.
Dan sayangnya, sampai aku posting tulisan ini, mencari-cari foto dokumentasi proses pengambilan gambar tidak ketemu juga yang sepertinya secara tidak sengaja kehapus. 

Berikut ini adalah hasil dari proses pengambilan gambar yang aku lakukan bersama anak-anak dan aku lakukan secara bertahap :

 
Video Pembelajaran PAB SD Tentang "Dana Materi"

Untuk rekan-rekan yang ingin belajar dalam pembuatan video pembelajaran ini, sudah aku siapkan beberapa tips dalam bentuk power point. Silahkan Download disini.
Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Workshop/Seminar Bersertifikat Resmi

Workshop/Seminar Bersertifikat Resmi
Yang membutuhkan ilmu dan bersertifikat, bisa borkolaborasi dengan Kang Widi, Agen Penguatan Karakter PUSPEKA Kemdikbudristek RI. Klik pada gambar untuk isi form usulan kegiatan. Kegiatan bisa daring maupun luring

Subscribe Media Belajar Temanggung

Subscribe Channel SBC Kendal


Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter Tahun 2022

Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter Tahun 2022

Bersama Bupati Kendal dan Kepala Disdik Kab. Kendal

Bersama Bupati Kendal dan Kepala Disdik Kab. Kendal
Menerima Apresiasi atas Prestasi sebagai TOP 6 ASN Inspiratif tahun 2021

52 Terbaik PNS Inspiratif 2018

Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018

Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018
Bersama Bupati Kendal Ibu dr. Mirna Annisa, M.Si. Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018 Kategori Pegiat Pendidikan
Instagram

Translate

Popular Post

Cara merekam dan mengedit vocal pada Adobe Audition CS-6 Bagian 1

Gambar 1: Halaman Awal Aplikasi Adobe Audition CS-6 S alam Kreatif dan Inovatif, Para pembaca sekalian yang berbahagia, pada k...

Popular Posts