- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , » Menguak Tabir Mataram Kuno di Lereng Sindoro - Situs Sejarah di Tanah Temanggung

Menguak Tabir Mataram Kuno di Lereng Sindoro - Situs Sejarah di Tanah Temanggung

Temanggung, memang kaya situs sejarah (baca juga Megalitikum di Temanggung), situs ini sudah sering banyak dibahas oleh berbagai media maupun individu. Dan saya tak pernah jenuh menyimak berulang ulang tentang situs ini. Situs liyangan, bigitu masyarakat mengenalnya, sejak ditemukan pertamakali sekitar tahun 2008, perkembangan penggalian situs ini sangat pesat. Situs ini juga sangat menarik perhatian masyarakat sekitar Temanggung maupun dari luar Temanggung. Banyak pengunjung yang berdatangan untuk melihat langsung situs ini karena rasa penasaran untuk mengetahuinya.
Situs Liyangan berada di Desa Liyangan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung jawa Tengah. Sekitar 3 kilometer sebelum umbul Jumprit.
Diperkirakan situs ini adalah peradaban pada jaman Mataram kuno, yang dihuni sekitar -+4 abad lamanya sebelum kemudian terbenam oleh letusan vilkanik gunung Sindoro pada waktu itu. Artefak-artefa yang ditemukan pun membuktikan bahwa peradaban kala itu sudah maju dan sudah terjalin hubungan dengan negara lain, terutama Tiongkok, terbukti adanya artefak dari jaman dinasti Tang yang ditemukan di situs tersebut.
Situs tersebut di gali dan di teliti oleh Balai Arkeologi Yogyakarta sejak tahun 2009, dan kemudian dilakukan penelitian jangka menengah 2010 sampai dengan 2014, awal 2010 ditemukan bangunan candi, sisa bangunan rumah, artefak, talud dari papan - papan batu kemudian menjadi bahan pijakan bagi Balai Arkeologi Yogyakarta untuk melakukan penelitian secara lebih detail..
Situs Liyangan merupakan situs yang sangat luas dan kompleks, terdiri atas area peribadatan yang terdiri dari 3 bagian/halaman, ada area hunian, dan juga area hunian.
Berikut sekilas foto-foto tentang situs Liyangan, video ada di paling bawah.

Lokasi penggalian Situs Liyangan 1

Lokasi penggalian Situs Liyangan tampas dari atas.

Salah satu Lingga dan Yoni yang ditemukan di sekitar lokasi penggalian situs Liyangan..

Diduga sumber air yang dimanfaatkan oleh masyarakat pada era Mataram Kuno di Situs Liyangan.

Bebatuan candi yang ditemukan

Tangga yang menuju ke candi.

Artefak berbahan keramik, diduga dari dinasti Tang

Lokasi penggalian Situs Liyangan 

Batas bangunan area candi

Situs Liyangan dengan latar belakang Gunung Sindoro di sisi timur.

Lokasi penggalian Situs Liyangan nampak bangunan candi.

Bangunan candi di Situs Liyangan

Lokasi penggalian Situs Liyangan tampak dari atas.

 Sekilas tentang situs Liyangan.

0 komentar:

Post a Comment

Agenda Tahun 2018

1. Tanggal 5 - 6 Januari Temu Pelatih Nasional dan Pengukuhan Pelatih Nasional IGI 2018. 2. Tanggal 22 April; Video Converenc Maluku Belajar 3. Tanggal 28 April; Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK - Tana Toraja Sulsel. 4. Tanggal 29 - 30 Juni 2018; Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Dhammasekha Berbasis IT - Selat Panjang Kep. Mranti Kep. Riau. 5. Tanggal 25 - 27 Juli; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi Riau 6. Tanggal 30 Juli - 1 Agustus; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi Riau. 7. Tanggal 30 Oktober - 01 November; TOT Penyusunan Soal USBN 8. Tanggal 18 - 21 November; Workshop Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran Provinsi Lampung.

Selamat Hari Guru Nasional

Selamat Hari Guru Nasional
Selamat Hari Guru Nasional 2018. Mari kita tingkatkan profesionalisme guru menuju pendidikan abad 21. Terus belajar, berkreasi, berinovasi dan berkarya. Padamu Negeri Kami Berjanji, Padamu Negeri Kami Berbakti, Padamu Negeri Kami Mengabdi, Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami. Terimakasih guruku....
Instagram

Translate

Popular Post

Dukung Kang Widi dalam gelaran Anugerah ASN 2018 Kategori PNS Inspiratif 2018

Mohon dukungan kepada segenap pembaca, berikan informasi positif tentang saya; Kang Widi (Widi Astiyono) kirim ke email  anugerahasn2...

Popular Posts