- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , » Cara Sederhana Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Office PowerPoint - Bagian 1

Cara Sederhana Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Office PowerPoint - Bagian 1

Pengembangan Media Presentasi
Untuk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)
Oleh : Widi Astiyono, S. Ag
(Merupakan makalah yang disampaikan dalam kegiatan Worshop Guru PAB di Jakarta, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali dan Jawatengah sejak tahu 2011 s.d. 2014)

A. Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Office PowerPoint
Dalam dunia pendidikan tak lepas dari yang namanya media pembelajaran. Dulu dan sekarang, tentu sangat jauh berbeda. Sekarang di era globalisasi ini kita diharapkan mampu berintegrasi dengan teknologi. Memang media pembelajaran terdisional tak serta merta di tinggalkan begitu saja, namun sekarang sudah ada teknologi informasi yang bisa menjadi solusi untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Adalah software yang sudah sangat di kenal dan bisa di sebut sebagai software sejuta umat, yaitu office PowerPoint. PowerPoint dipastikan ada di hampir setiap PC atau Laptop yang sudah terinstal office.
PowerPoint dapat di maksimalkan menjadi software yang paling mudah dan sederhana untuk membuat Media Pembelajaran, atau lebih dikenal dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI).
Nah, berikut langkah-langkah mudah dalam membuat MPI menggunakan Office PowerPoint 2007

B. Langkah mudah membuat Multimedia Pembelajaran dengan Office PowerPoint 2007
     Untuk membuat tampilan desight slide menjadi sama maka kita harus masuk pada menu Slide Master.
1.   Slide Master
Master slide berguna untuk mempermudah kita dalam menambahkan hyperlink antar slide dengan rancangan tombol atau theme yang sama. Ilustrasinya seperti ini, bahwa setelah kita membuat slide master maka ketika kita buat slide baru dengan memilih thema slide master yang kita buat maka kita sudah tidak lagi merancang tombol-tombol maupun gambar yang diinginkan harus sama. Dikarenakan letak maupun desain setiap slide yang berisi tombol-tombol nafigasi antar materi harus sama.
Untuk membuat slide master atau menampilkan halaman slide master langkah-langkahnya sebagai berikut.

Lihat pada gambar 1 :

Gambar  1
Setelah membuka aplikasi PowerPoint, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar 1 tersebut, kemudian “Klik” menu “View”, pilih “Slide Master” (gambar 2a). Selanjutnya seperti terlihat pada gambar 2 b.

Gambar 2-a
Gambar 2-b
Gambar 2-c
Untuk menutup view Slide Master, klik pada menu “Close Master View” 

a. Cara Membuat Header pada slide master menggunakan Rectangle
Ø  Insert Rectangle

Gambar 3
Dalam tampilan Slide Master, pilih menu “Insert”, selanjutnya klik “Rectangle”, kemudian klik pada slide master, lihat gambar 4.

Gambar 4

Ø  Cara Merubah Warna Rectangle
Untuk merubah warna rectangle, klik kanan pada objek kemudian pilih “format shape”, lihat gambar 5, selanjutnya akan muncul menu bar Format Shape, lihat gambar 6. 

Gambar 5
Gambar 6

Misalkan, anda memilih Fill  Picture or textur fill, lihat gambar 7. 

Gambar 7

Ø Cara meng-copy/menggandakan Shape/Rectangel
Klik kanan pada objek, tahan dan tarik ke arah yang di inginkan, setelah klik di lepaskan akan muncul 3 pilihan, kli tulisan “Copy Here” 

Gambar 8
Selanjutnya ubahlah warna Shape/Rectangle yang sudah di copy sesui yang di inginkan. Perhatikan gambar gambar selanjutnya.

Gambar 9
Tempatkan Shape sesuai desain yang di inginkan seperti pada gambar 10Beri warna sesuai yang diinginkan, lihat gambar 11.

Gambar 10

Gambar 11

Kemudian anda bisa lakukan penggandaan Shape, seperti pada langkah sebelumnya, lihat pada gambar 12, gambar 13, dan gambar 14 berikut ini :

Gambar 12
Gambar 13
Gambar 14

Perhatikan gambar 15, adalah tampilan  beberapa shape dengan warna dan posisi yang berbeda, sesuai desain yang di inginkan :

Gambar 15

Bersambung...

0 komentar:

Post a Comment

Agenda Tahun 2018

1. Tanggal 5 - 6 Januari Temu Pelatih Nasional dan Pengukuhan Pelatih Nasional IGI 2018. 2. Tanggal 22 April; Video Converenc Maluku Belajar 3. Tanggal 28 April; Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Bidang TIK - Tana Toraja Sulsel. 4. Tanggal 29 - 30 Juni 2018; Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Dhammasekha Berbasis IT - Selat Panjang Kep. Mranti Kep. Riau. 5. Tanggal 25 - 27 Juli; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi Riau 6. Tanggal 30 Juli - 1 Agustus; Workshop Multimedia Pembelajaran Provinsi Riau. 7. Tanggal 30 Oktober - 01 November; TOT Penyusunan Soal USBN 8. Tanggal 18 - 21 November; Workshop Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran Provinsi Lampung.
Instagram

Translate

Popular Post

Dukung Kang Widi dalam gelaran Anugerah ASN 2018 Kategori PNS Inspiratif 2018

Mohon dukungan kepada segenap pembaca, berikan informasi positif tentang saya; Kang Widi (Widi Astiyono) kirim ke email  anugerahasn2...

Popular Posts